Pelayanan

Bener Tegalrejo - Posyandu atau pos pelayanan terpadu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. (Departemen Kesehatan RI. 2006). Petugas atau kader yandu didampingi oleh pembina Gizi Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta Reana Marliza, SKM. melakukan tugasnya antara lain penimbangan anak BALITA (Bawah Lima Tahun); Pemberian Vitamin A dan obat cacing pada bulan Februari dan Agustus; PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang mengandung nilai gizi; pemantauan tumbuh kembang anak; pemantauan kesehatan ibu hamil dan menyusui; kesehatan remaja putri; serta penyuluhan dan konseling kesehatan ibu dan anak.

Kelurahan Bener khususnya di RW 02, kader posyandu melakukan kegiatan pengukuran BB (Berat Badan), TB (Tinggi Badan), dan lingkar kepala; pemberian Vitamin A dan obat cacing untuk anak BALITA (Bawah Lima Tahun); dan PMT (Pemberian Makanan Tambahan); pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri; serta pemberian biskuit bumil, pengecekan BB (Berat Badan) dan LILA (Lingkar Lengan Atas) pada ibu hamil. Pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri ini merupakan program dari Puskesmas Tegalrejo dengan nama program Suplementasi Tablet Tambah Darah bagi Remaja Putri. Sasarannya adalah remaja putri yaitu usia sekolah SMP sampai dengan SMA. Tujuan dari program ini untuk mencegah anemia, seperti yang kita ketahui bahwa dampak dari anemia antara lain: menghambat pertumbuhan, menghambat prestasi belajar akibat susah fokus menerima pelajaran, menurunkan imunitas atau kekebalan tubuh, dan nantinya digunakan untuk mempersiapkan remaja putri agar tidak menjadi wanita hamil yang kurang gizi dan dapat mengakibatkan melahirkan bayi dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) atau melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) . "Awalnya tablet tambah darah (TTD), akan kami bagikan di sekolah SMP dan SMA, namun karena pandemi maka program ini pembagiannya dialihkan melalui wilayah"  imbuh ahli gizi  Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta Diah Kusuma Ningrum, A.Md.

Demikian pula ditengah pandemi saat ini, kegiatan posyandu yang dilakukan pada tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2020 sangat berbeda dari bulan sebelumnya yaitu dengan pelayanan “Drive Thru” Posyandu. Kader yandu RW 02 Kelurahan Bener yaitu Ibu Ratmini, Ibu Bernadeta Triani, Ibu MM. Sabarinah, Ibu Kholisah, Ibu Sri Susilowati, Ibu Natalita Indriyati melakukan kunjungan atau "Drive Thru" ke setiap rumah yang memiliki Balita, Remaja dan Ibu Hamil di RW 02. Tak lupa kader yandu dalam melaksanakan tugasnya menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dan menerapkan protokol keamanan kesehatan Covid-19, seperti penggunaan masker, face Shield, mencuci tangan dengan sabun, dan pengecekan suhu tubuh. Para orang tua anak BALITA yang mendampingi juga dihimbau untuk menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dan tetap menerapkan fisikal distancing dengan para kader yandu. Semangat para kader yandu di tengah pandemi saat ini patut ditiru dan dijadikan contoh. Mereka di tengah masa pandemi menjalankan tugasnya dalam memantau kesehatan remaja putri untuk mencegah anemia, memantau kesehatan ibu hamil dari kecukupan gizi dan memantau tumbuh kembang serta gizi anak-anak BALITA sebagai penerus bangsa. Terima kasih untuk para kader yang telah melaksanakan tugasnya, semoga selalu diberikan kesehatan dan harapannya agar pandemi segera berlalu.

 

Penulis: Vidyana Arsanti, S.Si.,M.Sc. Prodi Geografi Universitas Amikom Yogyakarta