KUNJUNGAN SMP MUH 1 KOTA YOGYAKARTA  KE KAMPUNG PANCASILA  KELURAHAN BENER

Senin(22/8), Kampung Pancasila Kelurahan Bener mendapat kunjungan sekolah dari SMP MUHI 1 Kota Yogyakarta.Kurikulum merdeka yang sedang di laksanakan di setiap sekolah dalam rangka edukasi terhadap para siswa dapat terwujud dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak salah satunya adalah masyarakat. Kelurahan bener sebagai wilayah yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kurikulum merdeka adalah kesempatan dan tempat dalam menuju kelurahan bener yang lebih bermanfaat, dalam hal ini bidang pendidikan diluar sekolah.Kurikulum merdeka yang sedang di laksanakan di setiap sekolah dalam rangka edukasi terhadap para siswa dapat terwujud dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak salah satunya adalah masyarakat. Kelurahan bener sebagai wilayah yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kurikulum merdeka adalah kesempatan dan tempat dalam menuju kelurahan bener yang lebih bermanfaat, dalam hal ini bidang pendidikan diluar sekolah.

Potensi yang ada di kelurahan bener sangat mendukung tercapainya tujuan dari kurikulum merdeka yang sedang dijalankan. Selain anak-anak bisa belajar secara teori mereka juga bisa mendapatkan pelajaran secara langsung dari kegiatan dan praktek yang dilakukan oleh masyarakat kelurahan bener.

Kunjungan dari smp muhammadiyah 1 yogyakarta ke kampung pancasila kelurahan bener sangat relefan dengan tema yang diusung oleh sekolah tersebut yaitu, edukasi tentang pengenalan dan pengamalan nilai-nilai pancasila dikehidupan sehari-hari. Pembelajaran  yang dapat diperoleh dari siswa mereka dapat mengerti apa itu nilai-nilai pancasila dan segala sesuatu yang dapat mendukung pembangunan karakter anak dimasa yang akan datang.

Metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa sangat berpengaruh terhadap tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan kunjungan tersebut, baik bagi pihak sekolah,siswa,dan kelurahan. Selain menggunakan metode tatap muka diruangan,siswa diajak untuk berkeliling ke wilayah untuk melihat dan mengamati apa saja yang berkaitan dengan pengamalan nilai-nilai pancasila yang sudah diterapkan masyarakat dikelurahan bener. Metode game dan outbond juga jadi media yang sangat disenangi siswa selama kunjungan tersebut. Siswa tidak bosan,lebih antusias dan senang dalam mengerjakan tugas-tugasnya seperti wawancara dan membuat rangkuman dari kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Seluruh kegiatan dari kunjungan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dapat terselenggara berkat dukungan dari pemerintah kelurahan, dinas pendidikan dan lembaga sosial kemasyarakatan dikelurahan bener seperti : KUB ( Kerukunan Umat Beragama ), JBM ( Jam Belajar Masyarakat ) dan Pengurus kampung pancasila itu sendiri serta Tokoh Masyarakat dan instruktur wahana outbond Bendolole kampung Sidomulyo.

Dari kunjungan tersebut kelurahan bener sebagai kampung pancasila berharap kegiatan ini terus berlanjut secara berkesinanbungan untuk mewujudkan dan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila sejak dini kepada anak-anak tersebut didalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat Kota Yogyakarta.